Sabtu, 21 April 2012

Bumi

Bumi adalah planet ketiga dari delapan planet dalam Tata Surya. Diperkirakan usianya mencapai 4,6 miliar tahun. Jarak antara Bumi dengan matahari adalah 149.6 juta kilometer atau 1 AU (Inggris: astronomical unit). Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut (magnetosfer) yang melindung permukaan Bumi dari angin surya, sinar ultraviolet dan radiasi dari luar angkasa. Lapisan udara ini menyelimuti Bumi hingga ketinggian sekitar 700 kilometer. Lapisan udara ini dibagi menjadi Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer dan Eksosfer.
Earth Eastern Hemisphere.jpgLapisan ozon, setinggi 50 kilometer, berada di lapisan stratosfer dan mesosfer dan melindungi Bumi dari sinar ultraungu. Perbedaan suhu permukaan Bumi adalah antara -70 °C hingga 55 °C bergantung pada iklim setempat. Sehari dibagi menjadi 24 jam dan setahun di Bumi sama dengan 365,2425 hari. Bumi mempunyai massa seberat 59.760 miliar ton, dengan luas permukaan 510 juta kilometer persegi. Berat jenis Bumi (sekitar 5.500 kilogram per meter kubik) digunakan sebagai unit perbandingan berat jenis planet yang lain, dengan berat jenis Bumi dipatok sebagai 1.
Bumi memiliki diameter sepanjang 12.756 kilometer. Gravitasi Bumi diukur sebagai 10 N kg-1 dijadikan unit ukuran gravitasi planet lain, dengan gravitasi Bumi dipatok sebagai 1. Bumi mempunyai 1 satelit alami yaitu Bulan. 70,8% permukaan Bumi diliputi air. Udara Bumi terdiri dari 78% nitrogen, 21% oksigen dan 1% uap air, karbondioksida dan gas lain.
Bumi diperkirakan tersusun atas inti dalam Bumi yang terdiri dari besi nikel beku setebal 1.370 kilometer dengan suhu 4.500 °C, diselimuti pula oleh inti luar yang bersifat cair setebal 2.100 kilometer, lalu diselimuti pula oleh mantel silika setebal 2.800 kilometer membentuk 83% isi Bumi dan akhirnya sekali diselimuti oleh kerak Bumi setebal kurang lebih 85 kilometer.
Kerak Bumi lebih tipis di dasar laut yaitu sekitar 5 kilometer. Kerak Bumi terbagi kepada beberapa bagian dan bergerak melalui pergerakan tektonik lempeng (teori Continental Drift) yang menghasilkan gempa Bumi.
Titik tertinggi di permukaan Bumi adalah gunung Everest setinggi 8.848 meter dan titik terdalam adalah palung Mariana di samudra Pasifik dengan kedalaman 10.924 meter. Danau terdalam adalah Danau Baikal dengan kedalaman 1.637 meter, sedangkan danau terbesar adalah Laut Kaspia dengan luas 394.299 km2

venus

VenusVenus atau Bintang Kejora adalah planet terdekat kedua dari matahari setelah Merkurius. Planet ini memiliki radius 6.052 km, diameter 12.104 km, dan mengelilingi Matahari dalam waktu 225 hari. Atmosfer Venus mengandung 97% karbondioksida (CO2) dan 3% nitrogen, sehingga hampir tidak mungkin terdapat kehidupan.
Arah rotasi Venus berlawanan dengan arah rotasi planet-planet lain. Selain itu, jangka waktu rotasi Venus lebih lama daripada jangka waktu revolusinya dalam mengelilingi Matahari.
Kandungan atmosfernya yang pekat dengan CO2 menyebabkan suhu permukaannya sangat tinggi akibat efek rumah kaca. Atmosfer Venus tebal dan selalu diselubungi oleh awan. Pakar astrobiologi berspekulasi bahwa pada lapisan awan Venus termobakteri tertentu masih dapat melangsungkan kehidupan.

Merkurius

Merkurius adalah planet terkecil di dalam tata surya dan juga yang terdekat dengan Matahari dengan kala revolusi 88 hari. Kecerahan planet ini berkisar di antara -2 sampai 5,5 dalam magnitudo tampak namun tidak mudah terlihat karena sudut pandangnya dengan Matahari kecil (dengan rentangan paling jauh sebesar 28,3 derajat. Merkurius hanya bisa terlihat pada saat subuh atau maghrib. Tidak begitu banyak yang diketahui tentang Merkurius karena hanya satu pesawat antariksa yang pernah mendekatinya yaitu Mariner 10 pada tahun 1974 sampai 1975. Mariner 10 hanya berhasil memetakan sekitar 40 sampai 45 persen dari permukaan planet.
MerkuriusMirip dengan Bulan, Merkurius mempunyai banyak kawah dan juga tidak mempunyai satelit alami serta atmosfer. Merkurius mempunyai inti besi yang menciptakan sebuah medan magnet dengan kekuatan 0.1% dari kekuatan medan magnet bumi. Suhu permukaan dari Merkurius berkisar antara 90 sampai 700 Kelvin (-180 sampai 430 derajat Celcius).
Pengamatan tercatat dari Merkurius paling awal dimulai dari zaman orang Sumeria pada milenium ke tiga sebelum masehi. Bangsa Romawi menamakan planet ini dengan nama salah satu dari dewa mereka, Merkurius (dikenal juga sebagai Hermes pada mitologi Yunani dan Nabu pada mitologi Babilonia). Lambang astronomis untuk merkurius adalah abstraksi dari kepala Merkurius sang dewa dengan topi bersayap di atas caduceus. Orang Yunani pada zaman Hesiod menamai Merkurius Stilbon dan Hermaon karena sebelum abad ke lima sebelum masehi mereka mengira bahwa Merkurius itu adalah dua benda antariksa yang berbeda, yang satu hanya tampak pada saat Matahari terbit dan yang satunya lagi hanya tampak pada saat Matahari terbenam. Di India, Merkurius dinamai Budha (बुध), anak dari Candra sang bulan. Di budaya Tiongkok, Korea, Jepang dan Vietnam, Merkurius dinamakan "bintang air". Orang-orang Ibrani menamakannya Kokhav Hamah (כוכב חמה), "bintang dari yang panas" ("yang panas" maksudnya Matahari). Diameter Merkurius 40% lebih kecil daripada Bumi (4879,4 km), dan 40% lebih besar daripada Bulan. Ukurannya juga lebih kecil (walaupun lebih padat) daripada satelit Yupiter, Ganymede dan satelit Saturnus, Titan.

[sunting] Struktur dalam

Dengan diameter sebesar 4879 km di katulistiwa, Merkurius adalah planet terkecil dari empat planet kebumian di Tata Surya. Merkurius terdiri dari 70% logam dan 30% silikat serta mempunyai kepadatan sebesar 5,43 g/cm3 hanya sedikit dibawah kepadatan Bumi. Namun apabila efek dari tekanan gravitasi tidak dihitung maka Merkurius lebih padat dari Bumi dengan kepadatan tak terkompres dari Merkurius 5,3 g/cm3 dan Bumi hanya 4,4 g/cm3.
Kepadatan Merkurius digunakan untuk menduga struktur dalamnya. Kepadatan Bumi yang tinggi tercipta karena tekanan gravitasi, terutamanya di bagian inti. Merkurius namun jauh lebih kecil dan bagian dalamnya tidak terdapat seperti bumi sehingga kepadatannya yang tinggi diduga karena planet tersebut mempunyai inti yang besar dan kaya akan besi. Para ahli bumi menaksir bahwa inti Merkurius menempati 42 % dari volumenya (inti Bumi hanya menempati 17% dari volume Bumi). Menurut riset terbaru, kemungkinan besar inti Merkurius adalah cair.
Mantel setebal 600 km menyelimuti inti Merkurius dan kerak dari Merkurius diduga setebal 100 sampai 200 km. Permukaan merkurius mempunyai banyak perbukitan yang kurus, beberapa mencapai ratusan kilometer panjangnya. Diduga perbukitan ini terbentuk karena inti dan mantel Merkurius mendingin dan menciut pada saat kerak sudah membatu.

Merkurius mengandung besi lebih banyak dari planet lainnya di tata surya dan beberapa teori telah diajukan untuk menjelaskannya. Teori yang paling luas diterima adalah bahwa Merkuri pada awalnya mempunyai perbandingan logam-silikat mirip dengan meteor Kondrit umumnya dan mempunyai massa sekitar 2,25 kali massanya yang sekarang. Namun pada awal sejarah tata surya, merkurius tertabrak oleh sebuah planetesimal berukuran sekitar seperenam dari massanya. Benturan tersebut telah melepaskan sebagian besar dari kerak dan mantel asli Merkurius dan meninggalkan intinya. Proses yang sama juga telah diajukan untuk menjelaskan penciptaan dari Bulan.
Teori yang lain menyatakan bahwa Merkurius mungkin telah terbentuk dari nebula Matahari sebelum energi keluaran Matahari telah stabil. Merkurius pada awalnya mempunyai dua kali dari massanya yang sekarang, namun dengan mengambangnya protomatahari, suhu di sekitar merkuri dapat mencapai sekitar 2500 sampai 3500 Kelvin dan mungkin mencapai 10000 Kelvin. Sebagian besar permukaan Merkurius akan menguap pada temperatur seperti itu, membuat sebuah atmosfer "uap batu" yang mungkin tertiup oleh angin surya.

Tata surya

Tata Surya[a] adalah kumpulan benda langit yang terdiri atas sebuah bintang yang disebut Matahari dan semua objek yang terikat oleh gaya gravitasinya. Objek-objek tersebut termasuk delapan buah planet yang sudah diketahui dengan orbit berbentuk elips, lima planet kerdil/katai, 173 satelit alami yang telah diidentifikasi[b], dan jutaan benda langit (meteor, asteroid, komet) lainnya.
Tata Surya terbagi menjadi Matahari, empat planet bagian dalam, sabuk asteroid, empat planet bagian luar, dan di bagian terluar adalah Sabuk Kuiper dan piringan tersebar. Awan Oort diperkirakan terletak di daerah terjauh yang berjarak sekitar seribu kali di luar bagian yang terluar.
Berdasarkan jaraknya dari Matahari, kedelapan planet Tata Surya ialah Merkurius (57,9 juta km), Venus (108 juta km), Bumi (150 juta km), Mars (228 juta km), Yupiter (779 juta km), Saturnus (1.430 juta km), Uranus (2.880 juta km), dan Neptunus (4.500 juta km). Sejak pertengahan 2008, ada lima objek angkasa yang diklasifikasikan sebagai planet kerdil. Orbit planet-planet kerdil, kecuali Ceres, berada lebih jauh dari Neptunus. Kelima planet kerdil tersebut ialah Ceres (415 juta km. di sabuk asteroid; dulunya diklasifikasikan sebagai planet kelima), Pluto (5.906 juta km.; dulunya diklasifikasikan sebagai planet kesembilan), Haumea (6.450 juta km), Makemake (6.850 juta km), dan Eris (10.100 juta km).
Enam dari kedelapan planet dan tiga dari kelima planet kerdil itu dikelilingi oleh satelit alami. Masing-masing planet bagian luar dikelilingi oleh cincin planet yang terdiri dari debu dan partikel lain.

mimikri

Mimikri berarti kesukaan melindungi, dan mimikri merupakan salah satu bentuk perilaku atau rupa yang pertama kali tumbuh pada sejumlah hewan, khususnya serangga, di mana spesies tersebut menyerupai spesies lain dalam hal perilaku maupun rupa. Biasanya mimikri menyerupai suatu spesies sebagai salah satu cara menghindari bahaya, misalnya bila berhadapan dengan predator. Salah satu contohnya adalah lalat bunga, yang banyak dari spesiesnya menyerupai tawon. Istilah ini jangan dikelirukan dengan kamuflase, di mana seseorang bertindak terhadap bahaya dari spesies hewan lain yang mencari mangsa di lingkungan sekitarnya. Mimikri juga ada pada ikan yang hidup di beting.
Tumbuhan tertentu juga menumbuhkan biji yang berfungsi untuk melawan, di mana biji tersebut menyerupai biji lain yang kaya akan nutrien. Dengan cara itulah, bibit ditumbuhkan.

fatamorgana

Fatamorgana merupakan sebuah fenomena di mana optik yang biasanya terjadi di tanah lapang yang luas seperti padang pasir atau padang es. Fatamorgana adalah pembiasan cahaya melalui kepadatan yang berbeda, sehingga bisa membuat sesuatu yang tidak ada menjadi seolah ada. Fenomena ini biasa dijumpai di tempat panas dan Gunung Brocken di Jerman
 
Fatamoragana
Seringkali di gurun pasir, fatamorgana menyerupai danau atau air atau kota. Ini sebenarnya adalah pantulan daripada langit yang dipantulkan udara panas. Udara panas ini berfungsi sebagai cermin. Kata 'Fatamorgana' adalah nama saudari Raja Arthur, Faye le Morgana, seorang peri yang bisa berubah-ubah rupa.

10 tentara terkuat di dunia

No 1. USA
Anggaran pertahanan pertahun :$515,000,000,000
Jumlah personil Militar : 1,385,000
Jumlah penduduk yang mencapai usia Militar pertahun :4,266,128
Fighter Jets : 22,700
Kapal Angkatan Laut : 1,600
Daya beli : $13,780,000,000,000



No 2. China
Anggaran pertahanan pertahun :$59,000,000,000
Jumlah personil Militar :2,255,000
Jumlah penduduk yang mencapai usia Militar pertahun :20,470,412
Fighter Jets : 2,400
Kapal Angkatan Laut : 760
Daya beli : $7,099,000,000,000


No 3. Russian

Anggaran pertahanan pertahun :$43,000,000,000
Jumlah personil Militar : 1,245,000
Jumlah penduduk yang mencapai usia Militar pertahun :1,602,673
Fighter Jets : 6,500
Kapal Angkatan Laut : 525
Daya beli : $2,097,000,000,000


No 4. Indian
Anggaran pertahanan pertahun :$33,000,000,000
Jumlah personil Militar : 1,325,000
Jumlah penduduk yang mencapai usia Militar pertahun :22,229,373
Fighter Jets : 1,250
Kapal Angkatan Laut :145
Daya beli : $2,966,000,000,000


No 5. UK
Anggaran pertahanan pertahun :$53,000,000,000
Jumlah personil Militar : 195,000
Jumlah penduduk yang mencapai usia Militar pertahun :784,520
Fighter Jets : 2,670
Kapal Angkatan Laut :140
Daya beli : $2,130,000,000,000


No 6. France
Anggaran pertahanan pertahun :$62,000,000,000
Jumlah personil Militar :225,000
Jumlah penduduk yang mencapai usia Militar pertahun :783,788
Fighter Jets : 1,900
Kapal Angkatan Laut :135
Daya beli : $2,075,000,000,000


No 7. Germany

Anggaran pertahanan pertahun :$46,000,000,000
Jumlah personil Militar :250,000
Jumlah penduduk yang mencapai usia Militar pertahun :863,773
Fighter Jets : 1,100
Kapal Angkatan Laut :130
Daya beli : $2,807,000,000,000


No 8. Brazil

Anggaran pertahanan pertahun :$24,000,000,000
Jumlah personil Militar :287,000
Jumlah penduduk yang mencapai usia Militar pertahun :3,275,154
Fighter Jets : 1,650
Kapal Angkatan Laut :90
Daya beli : $1,849,000,000,000


No 9. Japan
Anggaran pertahanan pertahun :$44,300,000,000
Jumlah personil Militar : 378,000
Jumlah penduduk yang mencapai usia Militar pertahun :1,212,321
Fighter Jets : 2,700
Kapal Angkatan Laut :150
Daya beli : $4,272,000,000,000


No 10. Turkey
Anggaran pertahanan pertahun $30,936,000,000
Jumlah personil Militar : 514,000
Jumlah penduduk yang mencapai usia Militar pertahun :1,298,979
Fighter Jets : 1,530
Kapal Angkatan Laut :180
Daya beli : $853,900,000,000

10 kecelakaan terparah di dunia

10.Titanic

Yang tenggelam di Titanic adalah kemungkinan kecelakaan yang paling terkenal di dunia. Tetapi baru-baru ini kami membuat daftar top 10 paling mahal. Pada tanggal 15 April 1912, the Titanic sank pada pelayaran pertama dan dianggap paling mewah ocean liner pernah dibangun. Lebih dari 1.500 orang kehilangan nyawa ketika kapal berlari menjadi sebuah gunung es dan terselam dalam air dingin
9. Truk tangki vs Bridge – $ 358 Juta

Pada tanggal 26 Agustus 2004, sebuah mobil collided dengan truk tangki berisi 32.000 liter bahan bakar di Jembatan Wiehltal di Jerman. Tangki yang crashed melalui guardrail dan jatuh 90 kaki di bagian A4 Autobahn dihasilkan dalam sebuah ledakan besar dan api yang hancur beban-bearing kemampuan jembatan. Sementara biaya perbaikan $ 40 juta dan biaya untuk mengganti jembatan diperkirakan pada $ 318 Juta.

8. MetroLink Crash – $ 500 Juta

Pada 12 September 2008, dalam apa yang merupakan salah satu yang terburuk di California crash kereta sejarah, 25 orang tewas ketika sebuah kereta api Metrolink commuter crashed kepala-on ke dalam Uni Pasifik pengiriman kereta di Los Angeles. Hal ini beranggapan bahwa kereta Metrolink mungkin dijalankan melalui sinyal merah sementara konduktor sibuk pesan teks. Kematian salah lawsuits diharapkan menyebabkan $ 500 juta untuk kerugian di Metrolink.
7. B-2 Bomber Crash – $ 1,4 Miliar

Disini kita memiliki kami pertama miliar dolar kecelakaan (dan kami hanya # 7 pada daftar). Ini B-2 stealth bomber crashed segera setelah mengambil dari sebuah pangkalan udara di Guam pada 23 Februari 2008. Penyelidik cela piuh data dalam penerbangan kontrol komputer yang disebabkan oleh uap air pada system. Hal ini mengakibatkan pesawat terbang tiba-tiba membuat hidung bergerak-up yang dibuat B-2 crash dan warung. Ini adalah 1 dari hanya 21 pernah dibangun dan merupakan bagian yang paling mahal dalam sejarah penerbangan kecelakaan. Kedua pilot mampu menyemburkan untuk keselamatan.
6. Exxon Valdez – $ 2,5 Miliar

Minyak Exxon Valdez yang tumpah tidak besar dalam kaitannya dengan dunia spills minyak terbesar, namun hal ini merupakan satu mahal karena lokasi yang jauh dari Prince William Sound (hanya dapat diakses oleh helikopter dan kapal). Pada tanggal 24 Maret 1989, 10,8 juta galon minyak telah jatuh ketika kapal tuan, Yusuf Hazelwood, kiri kontrol dan kapal crashed menjadi Reef. The cleanup biaya Exxon $ 2,5 miliar.
5. Piper Alpha Oil Rig – $ 3,4 Miliar

Terburuk di dunia off-shore minyak bencana. Pada satu waktu, ia di dunia satu produsen minyak terbesar, spewing dari 317.000 barel minyak per hari. Pada Juli 6, 1988, sebagai bagian dari perawatan rutin, dan teknisi dihapus dicentang keselamatan katup yang penting dalam mencegah berbahaya baik-baik dari gas cair. Terdapat 100 identik keselamatan katup yang dicentang. Sayangnya, teknisi melakukan kesalahan dan lupa untuk mengganti salah satu dari mereka.
Pada 10 malam yang sama, seorang teknisi yang mulai tombol ditekan untuk pompa cair dan gas di dunia paling mahal minyak rig kecelakaan itu menggerakkan.
Dalam waktu 2 jam, 300 kaki adalah platform engulfed dalam api. Itu akhirnya roboh, menewaskan 167 pekerja dan mengakibatkan $ 3,4 Miliar di kerusakan.
4. Challenger Explosion – $ 5,5 Miliar

Space Shuttle Challenger telah hancur 73 detik setelah takeoff karena pada 28 Januari 1986 karena adanya cacat O-ring. Ia gagal meterai salah satu sendi, yang memungkinkan untuk mencapai gas diberi tekanan udara luar. Ini pada gilirannya menyebabkan tangki eksternal untuk dump its payload hidrogen cair yang menyebabkan ledakan besar. Biaya penggantian Space Shuttle was $ 2 miliar pada tahun 1986 ($ 4,5 miliar dolar di hari ini). Biaya penyidikan, masalah koreksi, dan penggantian peralatan yang hilang biaya $ 450 juta 1986-1987 ($ 1 Milyar pada hari ini dolar).
3. Gengsi Oil Spill – $ 12 Miliar
Pada tanggal 13 November 2002, Prestise truk tangki minyak yang membawa 77.000 ton bahan bakar minyak berat ketika salah satu dari dua belas tanks burst saat badai off Galicia, Spanyol. Takut bahwa kapal akan tenggelam, yang disebut kapten untuk membantu menyelamatkan pekerja dari Spanyol, mengharapkan mereka untuk mengambil kapal ke pelabuhan. Namun, tekanan dari pihak yang berwenang yang dipaksa untuk memimpin kapten kapal jauh dari pantai. Kapten yang mencoba untuk mendapatkan bantuan dari Perancis dan Portugis berwenang, tetapi juga memerintahkan kapal mereka jauh dari pantai. Badai yang akhirnya membawa para tol di kapal dihasilkan di dalam setengah tangki menggelikan dan melepaskannya 20 juta galon minyak ke laut.
Menurut laporan oleh Dewan Pontevedra Economist, total biaya cleanup $ 12 miliar.
2. Ruang Shuttle Columbia – $ 13 Miliar

Space Shuttle Columbia adalah yang pertama di ruang layak shuttle NASA’s orbital armada. Ia hancur saat masuk kembali melalui Texas pada tanggal 1 Februari 2003 setelah lubang telah tertusuk di salah satu sayap memulai selama 16 hari sebelumnya. Asli biaya shuttle was $ 2 Miliar pada tahun 1978. Yang datang ke $ 6,3 Miliar dolar di hari ini. $ 500 juta telah dikeluarkan pada penyelidikan, menjadi costliest investigasi kecelakaan pesawat dalam sejarah. Pencarian dan pemulihan puing biaya $ 300 juta.
Pada akhirnya, total biaya kecelakaan (tidak termasuk penggantian shuttle) datang ke $ 13 Miliar menurut American Institute of aeronautika dan Astronautics.
1. Chernobyl – $ 200 Miliar

Pada tanggal 26 April 1986, dunia menyaksikan costliest kecelakaan dalam sejarah. Chernobyl bencana yang telah disebut terbesar sosial-ekonomi malapetaka sejarah di masa damai. 50% dari luas wilayah Ukraina dalam beberapa cara ketularan. Lebih dari 200.000 orang terpaksa diungsikan dan tempat tinggal sementara 1,7 juta orang yang secara langsung terkena dampak bencana. Kematian dikaitkan dengan Chernobyl tol, termasuk orang-orang yang mati karena kanker tahun kemudian, diperkirakan di 125000. Total biaya termasuk cleanup, transmigrasi, dan kompensasi kepada para korban diperkirakan telah menjadi sekitar $ 200 Miliar. Biaya baru baja tempat untuk tanaman nuklir Chernobyl akan biaya $ 2 miliar saja. Kecelakaan secara resmi dikaitkan dengan daya tanaman operator yang melanggar prosedur dan tanaman yang jahil yang diperlukan persyaratan keselamatan.